Fase-fase Perkembangan Anak Menurut Sigmund Freud
Freud (2009 : 10) merupakan teoritisi pertama yang memusatkan
perhatiannya kepada perkembangan kepribadian dan menekankan pentingnya
peran masa bayi dan awal anak dalam membentuk karakter seseorang. Freud
yakin bahwa struktur dasar kepribadian sudah terbentuk pada usia 5 tahun
dan perkembangan kepribadian sesudah usia 5 tahun sebagian besar hanya
merupakan elaborasi dari struktur dasar tadi.
Freud membagi perkembangan kepribadian menjadi 3 tahapan yakni
1. tahap infatil (0 – 5 tahun)
Freud membagi perkembangan kepribadian menjadi 3 tahapan yakni
1. tahap infatil (0 – 5 tahun)
Tahap infatil yang paling menentukan dalam membentuk kepribadian, terbagi menjadi 3 fase, yakni:
- Fase Oral (usia 0 – 1 tahun) Mulut merupakan sumber kenikmatan utama. Dua macam aktivitas oral di sini, yaitu menggigit dan menelan makanan, merupakan prototype bagi banyak ciri karakter yang berkembang di kemudian hari. Kenikmatan yang diperoleh dari inkorporasi oral dapat dipindahkan ke bentuk-bentuk inkorporasi lain, seperti kenikmatan setelah memperoleh pengetahuan dan harta. Misalnya, orang yang senang ditipu adalah orang yang mengalami fiksasi pada taraf kepribadian inkorporatif oral. Orang seperti itu akan mudah menelan apa saja yang dikatakan orang lain.
- Fase Anak (usia 1 – 3 tahun) Kenikmatan akan dialami anak dalam fungsi pembuangan, misalnya menahan dan bermain-main dengan feces, atau juga senang bermain-main dengan lumpur dan kesenangan melukis dengan jari.
- Fase Falis (3 – 5/6 tahun) Tahap ini sesuai dengan nama genital laki-laki (phalus), sehingga meupakan daerah kenikmatan seksual laki-laki. Sebaliknya pada anak wanita merasakan kekurangan akan penis karena hanya mempunyai klitoris, sehingga terjadi penyimpangan jalan antara anak wanita dan laki-laki. Lebih lanjut, pada tahap ini anak akan mengalami Oedipus complex, yaitu keinginan yang mendalam untuk menggantikan orang tua yang sama jenis kelamin dengannya dan menikmati afeksi dari orang tua yang berbeda jenis kelamin dengannya. Misalnya anak laki-laki akan mengalami konflik oedipus, ia mempunyai keinginan untuk bermain-main dengan penisnya. Dengan penis tersebut ia juga ingin merasakan kenikmatan pada ibunya.
2. tahap laten (5 – 12 tahun)
Merupakan tahap yang paling baik dalam perkembangan kecerdasan (masa
sekolah), dan dalam tahap ini seksualitas seakan-akan mengendap, tidak
lagi aktif dan menjadi laten. Menagani suatu masalah pada usia ini harus
hati-hati, karena rasa ego, ingin tahu, dan sifat dominasi pada dirinya
sangat lah tinggi, karena pada masa ini adalah masa tahap pencarian,
termasuk figur guru, idola seseorang sedang muncul-munculnya pada usia
ini. Kepintaran guru dan variasi jurus mengajarnya sangat dibutuhkan.
3. tahap genital (> 12 tahun)
Tahapan ini berlangsung antara kira-kira dari masa pubertas dan
seterusnya. Bersamaan dengan pertumbuhannya, alat-alat genital menjadi
sumber kenikmatan dalam tahap ini, sedangkan kecenderungan-kecenderungan
lain akan ditekan.3. tahap genital (> 12 tahun)
http://www.definisi-pengertian.com/2015/06/fase-perkembangan-anak-menurut-sigmund-freud.html
0 comments:
Post a Comment